Pages

Selasa, 14 Mei 2013

Pengertian Bioremediasi



BIOREMEDIASI

 

Pengertian Bioremediasi


Bioremediasi merupakan penggunaan mikroorganisme untuk mengurangi polutan di lingkungan . Saat bioremediasi terjadi, enzim-enzim yang diproduksi olehmikroorganisme memodifikasi polutan beracun dengan mengubah struktur kimia polutan tersebut, sebuah peristiwa yang disebut biotransformasi. Bioremidiasi dibagi menjadi 2 yaitu:
·                      In situ (on site): dapat dilakukan langsung di lokasi tanah tercemar Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah, terdiri dari pembersihan, venting (injeksi), dan bioremediasi.  
·                     Ex situ (off site): tanah tercemar digali dan dipindahkan ke dalam penampungan yang lebih terkontrol. Setelah itu di daerah aman, tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar. Caranya yaitu, tanah tersebut disimpan di bak/tanki yang kedap, kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki tersebut. Selanjutnya zat pencemar dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah. Kelemahan bioremediasi ex-situ ini jauh lebih mahal dan rumit. Sedangkan keuntungan Bioremediasi ex-situ adalah bisa berlangsung lebih cepat dan mudah dikontrol. Dibanding in-situ, ia pun mampu me-remediasi jenis kontaminan dan jenis tanah yang lebih beragam.

0 komentar:

Poskan Komentar